Home - Furniture - Kerajinan Kursi Bambu Unik

Kerajinan Kursi Bambu Unik

Posted on September 25, 2018 in Furniture

meja kursi cafeKerajinan dalam membuat kursi yang berbahan dasar dari bambu saat ini merupakan produk eksklusif dan juga berkualitas, selain itu pembuatannya juga membutuhkan proses sangat yang baik. Proses produksi kerajinan yang baik akan mempengaruhi produk yang dihasilkan juga, baik dari segi bentuknya, motif serta ukuran yang harus dipenuhi oleh para pengrajin tangan yang berasal dari barang bekas saat ada konsumen yang meminta produk yang tidak biasa.

Ada beberapa lagkah dalam pembuatan kursi bambu yang baik, agar kursi bambu yang dihasilkan menjadi maksimal. Contoh kecilnya seperti kita harus menyiapkan bambu untuk digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan kerajinan tangan tersebut. Dalam memproduksi kerajinan kusi dan meja bambu, alat yang dibutuhkan sangatlah sederhana dan mudah didapatkan. Hal ini karena dalam proses pembuatannya, hal yang paling utama ialah keterampilan dari pembuatnya. Alat-alatnya yaitu gergaji kayu yang berguna untuk memotong bambu menjadi ukuran yang diinginkan, parang untuk memotong serta membersihkan bambu dari cabang, palu pukul maupun besi untuk menancapkan paku ketika akan mengikat dengan tali rotan, Tang digunakan saat pesanannya menggunakan ikatan dari tali rotan,

Cishel yang berguna untuk merapikan bagian dalam batang bambu, Bor kayu untuk membuat lubang pada bambu. Meteran untuk mengukur batang bambu sebelum dipotong, Cishel ukiran untuk membuat ukiran di belakang kursi dengan berbagai motif, Pisau raut untuk membersihkan kulit batang dari bambu, Brush dipakai pada saat finishing kerajinan.

Untuk bahan baku bambu yang digunakan sebenarnya bisa memakai semua jenis bambu untuk membuat kerajinan meja dan kursi, namun produksi yang telah banyak digunakan yaitu menggunakan bambu Gigantochloa verticillata. Bambu yang digunakan untuk pembuatan mebel ditebang setelah tanaman tersebut berumur 13 bulan dengan penilaiannya yaitu jika bambu tersebut telah mempunyai ketebalan batang dan juga umur yang cukup untuk dapat diolah menjadi sebuah produk kerajinan meja dan kursi yang bagus. Untuk dapat meningkatkan daya ketahanan bambu tersebut atau produk lain yang berasal dari bambu, bambu perlu diawetkan terlebih dulu, bisa dengan pengawet yang bersifat kimiawi atau boleh juga dengan cara yang tradisional atau yang lebih modern.

Lalu, setelah langkah-langkah diatas telah terpenuhi semuanya, produk yang masih berisi air bambu harus sangat diperhatikan. Untuk dapat mengurangi kadar air yang ada di dalam bambu tersebut, kerajinan tersebut haruslah dikeringkan terlebih dahulu dengan menggunakan oven atau juga bisa dengan metode manual yaitu dengan dikeringkan menggunakan sinar matahar, sehingga kualitas produk yang dihasilkan pun akan menjadi lebih keras serta produk tersebut akan mampu bertahan lebih dari 10 tahun lamanya. Kemudian untuk proses finishingnya dilakukan proses pengamplasan bambu, pada saat pengamplasan diharapkan agar tidak terlalu ditekan, kemudian dipernis menggunakan melamin. Dalam pengeringan melamin atau nama lainnya ialah lacquer prosesnya tidak boleh langsung terkena sinar matahari, cukup diangin-anginkan saja hingga kering. Begitulah gambaran singkat membuat meja dan kursi dari bambu.

Apabila ada yang ingin membutuhkan meja kursi cafe dengan desain unik bisa dilihat di mejakursicafe.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *